Selamat Datang, Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Pare Pare

Pelayanan

Operasional Karantina Tumbuhan

Tugas pokok Bidang Karantina Tumbuhan SKP KELAS I PAREPARE adalah melaksanakan kegiatan operasional karantina tumbuhan dan pengawasan keamanan hayati nabati. Kegiatan operasional tersebut meliputi kegiatan pelayanan sertifikasi kesehatan terhadap media pembawa organisme pengganggu tumbuhan karantina (MPOPTK) diekspor, diimpor dan diantar areakan (Domestik Masuk dan Domestik Keluar), dan pengawasan keamanan pangan segar asal tumbuhan terhadap pangan segar asal tumbuhan yang diimpor dan diekspor melalui pelabuhan laut, bandar udara, kantor pos dan pelabuhan penyeberangan di wilayah layanan SKP KELAS I PAREPARE. 

Berdasarkan Permentan Nomor : 22/Permentan/OT.140/4/2008, Tanggal 3 April 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Karantina Pertanian (UPTKP)  ada 13 Kabupaten/Kota yang merupakan wilayah kerja SKP Kelas I Parepare dan berdasarkan Permentan No. 44/Permentan/OT.140/3/2104 Tentang Perubahan Atas PermentanNo.94/Permentan/OT.140/12/2011 tentang Tempat-Tempat Pemasukan dan Pengeluaran Media Pembawa HPHK dan OPTK terdapat 10 Pintu Pemasukan dan Pengeluaran yang berada dalam wilayah kerja SKP Kelas I Parepare.

 

Pelayanan karantina hewan di SKP Kelas I Parepare didukung oleh Laboratorium Karantina Hewan yang telah terakreditasi dan secara konsisten menerapkan sistem manajemen mutu SNI ISO/IEC 17025:2008.