Selamat Datang, Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Pare Pare

Postingan

Ekspor Kopi Arabika  dari Tanah Toraja Yang Mendunia

Ekspor Kopi Arabika  dari Tanah Toraja Yang Mendunia.

Parepare - Di Toraja Utara,  ada satu perusahaan perkebunan kopi yang sangat terkenal dengan produksi kopi arabikanya yang telah mendunia. Perusahaan ini telah berdiri pada tahun 1976 dengan nama  PT Toarco Jaya, didirikan dari perusahaan patungan antara Indonesia (P.T. Utesco) – Jepang (Suladeco Ltd.).  TOARCO adalah singkatan dari “Toraja Arabica Coffee” .
Senin(1/6), Kepala Stasiun Karantina Kelas I Parepare , Andi Faisal, SP, MP melakukan kunjungan keperusahaan tersebut. Kunjungan kerja ini dimaksudkan melihat potensi ekspor yang ada dan mendorong perusahaan untuk terus meningkatkan produksinya sehingga menambah nilai ekspor yang lebih besar lagi.
Menurut  Mr Hirokazu Fujii,  Direktur Produksi PT Toarco Jaya bahwa  Kopi yang di hasilkan 90 % di ekspor ke negara Jepang, 10 % Ke negara Amerika.  Dari data yang di dapatkan, pada tahun 2018 sebanyak 250 ton dengan nilai Rp 15.000.000.000 dan tahun 2019 mengalami peningkatan sebanyak 350 ton dengan nilai Rp 21.000.000.000.
Berdasarkan data diatas maka  dapat disimpulkan bahwa peluang pasar internasional untuk produksi Kopi telah terbuka luas, tinggal bagaimana perusahaan – perusahaan pengekspor kopi menyambut hal tesebut. Harapan dari hasil kujungan ini,  antara PT. Toarco Jaya dengan Karantina Pertanian Parepare dapat bersinergi untuk mengambil bagian dari peluang yang ada.