Selamat Datang, Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Pare Pare

Postingan

Selain China, Jerman Juga Meminati Olahan Rumput Laut Asal Pinrang Sulawesi Selatan.

Selain China, Jerman Juga Meminati Olahan Rumput Laut  Asal Pinrang Sulawesi Selatan.

 

Parepare – Rumput laut merupakan salah satu sumber devisa negara dan sumber pendapatan bagi masyarakat pesisir dan merupakan salah satu komoditi laut yang sangat populer dalam perdagangan dunia, karena pemanfaatannya yang demikian luas dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai sumber pangan, obat-obatan dan bahan baku industri. 

 

Sebagai produsen rumput laut di kota Pinrang, PT.BLG yang telah mengekspor produknya ke manca negara, kembali mengekspor produk olahan rumput laut Carrageenan ke Hamburg Germany dan USA.

 

Rabu (19/6) Petugas Karantina Parepare, Arafah kembali melakukan tindakan karantina terhadap produk olahan rumput laut carragenan yang akan diekspor. Tindakan karantina yang dilakukan berupa pemeriksaan fisik dan kesehatan serta pengawasan stuffing  diatas  kontainer yang memuat   35.000 kg ( 35 ton ) carrageenan dengan nilai Rp 3.789.160.050.

 

Setelah dipastikan komoditi Carrageenan tersebut bebas dari Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) selanjutnya kontainer siap berangkat menuju  pintu pengeluaran pelabuhan laut Makassar menggunakan kapal laut.

 

Terus dukung akselerasi ekpor komoditi rumput laut Indonesia. Karantina parepare siap menjalankan perannya sesuai tugas dan fungsinya.