Selamat Datang, Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Pare Pare

Postingan

Sulawesi Selatan Sentra Pemasok Sayuran Ke Kalimantan.

Sulawesi Selatan Sentra Pemasok Sayuran  Ke Kalimantan.

 

Sayuran lokal memiliki banyak keunggulan untuk menjadi raja di negeri sendiri dan mampu meningkatkan nilai ekonomi masyarakat  Indonesia yang dikenal memiliki lahan pertanian yang sangat luas. Terkhusus di Sulawesi Selatan terdapat beberapa sentra produksi komoditi sayuran. Hal tersebut menjadikan daerah ini sebagai pemasok sayuran ke daerah tetangga seperti Samarinda, Kalimantan Selatan, Nunukan dan lainnya.

 

Berdasarkan pantauan, hari ini (11/6) Petugas Karantina Pertanian Parepare, A. Hajar Aswad selaku POPT yang bertugas di wilayah kerja Garongkong Kabupaten Barru  melakukan pemeriksaan komoditi pertanian berupa sayuran di atas alat angkut KM. Awu Awu tujuan Batulicin (Kal-Sel).  Sayuran seperti cabe rawit, alpokat, bawang merah, wortel, kentang, kubis,  tomat, jeruk nipis, daun bawang, sawi sebanyak 13.200 kg dengan nilai ekonomi  Rp. 316.000.000,-  dipasok ke daerah tujuan tersebut.

 

Petugas karantina melakukan pemeriksaan baik dalam jumlah besar maupun berupa tentengan sesuai prosedur untuk memastikan sayuran yang dilalulintaskan sehat dan aman untuk dikomsumsi masyarakat Kalimantan Selatan. Sayuran merupakan bahan pangan asal tumbuhan yang wajib periksa karantina sebelum dilalulintaskan karena berpotensi  membawa penyakit OPTK dari daerah asalnya. Apalagi Sulawesi Selatan dikenal sebagai daerah endemis OPTK. Untuk itu petugas karantina selalu siaga melaksanakan pengawasan demi terciptanya pangan sehat untuk komsumsi kita bersama.