Selamat Datang, Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Pare Pare

Tentang Kami

SEJARAH SKP Kelas 1 Parepare

Awal mula berdirinya Karantina Parepare di awali dengan pembangunan sebuah kantor di lingkup Pelabuhan Cappa Ujung daerah Tingkat II Parepare tahun 1976 yang dikenal dengan nama Stasiun Karantina Kehewanan Parepare, yang berada di bawah tanggung jawab Balai Karantina Kehewanan Wilayah V Ujung Pandang (Direktorat Jendral Peternakan).

 

Pada tahun 1984, Stasiun Karantina Kehewanan memisahkan diri dari Dirjen Peternakan ke Pusat Karantina Pertanian dan berubah nama dari Stasiun Karantina Kehewanan Parepare menjadi Karantina Kehewanan Kelas I Parepare di tahun 1990.

 

Structural SKP Kelas I Pare Pare

image
Andi Faisal, SP.MP

Kepala

image
Dra. Alice Sesa, MM

Kepala Urusan Tata Usaha

image
drh. Ahmad Nadif

Kepala Subsie Pelayanan Operasional

Tentang SKP Kelas 1 Parepare

Awal mula berdirinya Karantina Parepare di awali dengan pembangunan sebuah kantor di lingkup Pelabuhan Cappa Ujung daerah Tingkat II Parepare tahun 1976 yang dikenal dengan nama Stasiun Karantina Kehewanan Parepare, yang berada di bawah tanggung jawab Balai Karantina Kehewanan Wilayah V Ujung Pandang (Direktorat Jendral Peternakan). Pada tahun 1984, Stasiun Karantina Kehewanan memisahkan diri dari Dirjen Peternakan ke Pusat Karantina Pertanian dan berubah nama dari Stasiun Karantina Kehewanan Parepare menjadi Karantina Kehewanan Kelas I Parepare di tahun 1990.
 

Pada tahun 2002 dengan SK Menteri Pertanian bernomor 501 Stasiun Karantina Hewan Kelas I Parepare, berubah menjadi Stasiun Karantina Hewan Kelas I Parepare di bawah Badan Karantina Pertanian. Tahun 2008 berdasarkan Permentan nomor 22/permentan/OT.140/4/2008 serta Keputusan Menteri Pertanian Nomor 808/Kpts/Kp.330/6/2008 tanggal 18 Juni 2008 tentang Pengangkatan Jabatan Struktural Eselon III, IV dan V Lingkup Barantan maka terjadi penggabungan UPT Karantina Hewan dan UPT Karantina Tumbuhan, sehingga berubah nama menjadi Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Parepare dengan wilayah kerja di 13 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

Visi
Visi Stasiun Karantina Kelas 1 Pare Pare

Menjadi “INSTANSI YANG TANGGUH DAN TERPERCAYA DALAM PERLINDUNGAN KELESTARIAN SUMBERDAYA ALAM HAYATI HEWAN DAN TUMBUHAN, LINGKUNGAN DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI SERTA KEAMANAN PANGAN” 

Misi
Misi Stasiun Karantina Kelas 1 Pare Pare

1. Melindungi kelestarian sumber daya alam hayati hewan dan tumbuhan dari serangan Hama dan Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dan Organisme Penganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) di wilayah kerja Laboratorium Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Parepare

 

2. Mendukung terwujudnya keamanan pangan di wilayah kerja Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Parepare Propinsi Sulawesi Selatan

 

3. Memfasilitasi perdagangan dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan akses pasar komoditas pertanian di wilayah kerja Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Parepare Propinsi Sulawesi Selatan

 

4. Meningkatkan citra dan kualitas layanan publik di wilayah kerja Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Parepare Propinsi Sulawesi Selatan.